Paket Gunung Lawu

Tetap Sedap Karena Ayam Tak Pernah Berganti Rupa – Nasi Kotak

Berbagai olahan ayam hadir dengan beragam bumbu, salah satunya adalah bumbu bebek. Bumbu ini terbuat dari kelapa parut yang disangrai serta berbagai rempah. Rasanya yang gurih sangat cocok dijadikan lauk pendamping nasi.

Ayam dengan bumbu bebek dapat menjadi pilihan menu makan siang di rumah, kantor maupun hajatan seperti pengajian atau kegiatan sosial nasi kotak Jumat Berkah.

Penting pula diketahui bahwa berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, 100 gram daging ayam memiliki kandungan gizi sebagai berikut:

Air: 55,9 ml

Energi: 298 kalori

Protein: 18.2 gr

Lemak: 25.0 gr

Kalsium: 14 mg

Fosfor: 200 mg

Zat besi: 1.5 mg

Natrium: 109 mg

Kalium: 385.9 mg

Zinc: 0.6 mg

Niasin : 10.4 mg

 

Tapi, kandungan gizi di atas dapat berubah ketika daging ayam sudah diolah dan disajikan dengan bumbu yang sedap, bumbu bebek. Ini menarik karena ayam bumbu bebek menjadi salah satu andalan menu dari vi2 Catering.

Ayo, ayo, ayo membaca sedikit saja. Begini.

Protein daging ayam yang tinggi lemak tak jenuh memiliki manfaat untuk mengurangi risiko gagal jantung, penyakit jantung koroner, dan stroke iskemik. Lalu, apa lemak tak jenuh itu? Lemak tak jenuh adalah asam lemak yang baik untuk tubuh. Jenis lemak ini juga punya sebutan lain yaitu unsaturated fat dan terdiri dari dua jenis.

Pertama adalah asam lemak tak jenuh tunggal. Asam lemak ini disebut juga dengan MUFA (monounsaturated fats) yang menandakan bahwa lemak hanya memiliki satu ikatan rangkap. Jenis yang termasuk dengan asam lemak tak jenuh tunggal adalah asam palmitoleic, asam oleat, dan asam vaksinasi yaitu jenis asam yang umum direkomendasikan untuk diet dan dapat ditemukan pada 90% makanan.

Ada banyak manfaat baik dari asam lemak tidak jenuh tunggal untuk tubuh. Salah satunya adalah dapat membantu penurunan berat badan. Semua lemak memberikan jumlah energi yang sama, yaitu sekitar 9 kalori per gram, sedangkan karbohidrat dan protein memberikan 4 kalori per gram. Oleh karena itu, mengurangi jumlah lemak dalam makanan bisa menjadi cara efektif untuk mengurangi asupan kalori dan menurunkan berat badan.  Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi MUFA menyebabkan penurunan berat badan setingkat dengan diet rendah lemak. Tapi, tetaplah berkonsultasi dengan ahli gizi dan jaga kesehatan dengan berolahraga.

Tuk wa

Tuk wa

Tuk wa

Protein di dalam daging ayam sama baiknya dengan kacang-kacangan dan ikan.  Namun, tetap harus diperhatikan cara pengolahannya, kemudian bumbu-bumbu yang akan dicampur dengannya dan keadaan lain yang berkaitan dengan kebersihan.

 Ayam bakar bumbu kecap

Burung bangau tak mau hinggap

Pesan ayam tanpa kecap

Ayam tralala tak pernah pengap

Lalu, apa asam tak jenuh yang kedua? Bersambung pada tulisan berikutnya. Sampai jumpa. Vi2 Catering bersama Anda.

Yang Senapas

Leave a Comment